Selasa, 01 Maret 2011

Bakso Lele Rendah Kolesterol

Bakso adalah makanan berbentuk bulat, kenyal, terbuat dari campuran tepung, bumbu, dan daging giling. Panganan favoritku ini biasanya berbahan dasar daging ayam yang nanti namanya jadi Bakso Ayam , ada juga berbahan dasar daging sapi yang nanti namanya jadi Bakso Sapi, serta berbahan ikan yang nantinya namanya jadi Bakso Ikan.
Bakso ayam, bakso sapi, serta bakso ikan sudah sangat umum di pasaran. Kalian pasti sudah pernah mencobanya,bukan? Bagaimana kalo Bakso Lele?? Aku saja yang penggila bakso baru mendengarnya. Apa sih Bakso Lele? Apa sama dengan bakso-bakso pendahulunya? ^^

Bakso Lele adalah hasil penemuan Mahasiswa Politeknik Negri Lampung. Menurut dia, bakso lele berbeda dari bakso biasa. Bakso ayam, ikan, khususnya sapi jika sering dikonsumsi tidak baik bagi kesehatan karena berkolesterol tinggi. Lain dengan Bakso Lele, bakso yang satu ini memiliki kadar kolesterol rendah jadi tidak ada masalah jika dikonsumsi sering-sering. Malahan Bakso Lele memiliki manfaat lain yaitu melancarkan pencernaan dan panas dalam. 
Mengapa Bakso Lele bisa melancarkan pencernaan dan panas dalam? Ternyata Bakso Lele berbahan bukan hanya daging giling ikan lele dan tepung saja, tetapi di dalamnya ada campuran labu siam dan bumbu rempah. Bakso yang menyehatkan bukan?


Tertarik mencoba berikut cara pembuatan Bakso Lele : 
1 Ikan lele dibersihkan kemudian dipisahkan antara daging dan tulangnya.
2 Labu siam dikupas dan dicuci bersih dihaluskan. Siapkan bumbu bawang merah, bawang putih, lada, jahe, dan garam.
3 Campur lele dan bumbu serta haluskan menggunakan penggiling daging atau blender. Sedikit demi sedikit tambahkan labu siam dan tepung tapioka.
4 Selama pengeringan tambahkan es batu sedikit demi sedikit sebanyak 7%. Penambahan es batu ini untuk mempertahankan kadar protein lele tetap tinggi. 
5 Cetak adonan menggunakan alat pencetak bakso atau secara manual. 
6 Masukkan ke dalam air panas, bakso yang matang akan terapung ke permukaan.
                                                                                                             
sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/produk/inovatif/2789-bakso-lele-yang-redah-kolesterol.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar